Blog saat ini sangat nge-tren di dunia internet. Saking nge-trend nya, setiap kita melakukan pencarian melalui google search, kebanyakan hasil pencarian nya adalah entri-entri yang bersumber dari blog-blog. Hal ini mengindikasikan perkembangan dari para blogger -blogger muda sangat pesat, yang merupakan ciri-ciri makin meningkatnya para pencinta dunia maya di dunia ini.

Sesuai dengan program pemerintah berupa ” INTERNET GO TO SCHOOL”, perlahan-lahan mulai merambat ke pedesaan, bahkan kepelosok-pelosok tanah air. Ditambah lagi Para operator telekomunikasi yang telah memperluas jaringan nya yang didukung oleh GPRS yang memungkinkan para pengguna MOBILE semakin menggila dalam menggunakan Internet.

Tak hanya sekedar update status Facebook, twitter dan jringan sosial lain nya, kini para kawula muda dan eksekutif muda penggila internet telah mulai mencoba-coba membuat blog dan bahkan membuat website sendiri meski hanya sebatas coba-coba atau bahkan menjadikan nya sebagai bahan pamer terhadap teman-teman nya yang belum punya blog atau pun website, yang mengundang para GAPTEK tergiur untuk (lagi-lagi) mencoba kecanggihan dunia internet.

Membuat sebuah blog, dewasa ini tidak lagi hal yang sangat sulit. Dan bahkan telah menjadi sebuah mobilitas para anak-anak sekolahan dan anak-anak kampus. Dengan modal yang sangat sederhana, seperti : Bisa menggeser mouse, memiliki kemampuan analisis yang sederhana, mampu berbahasa inggeris passif, dan memiliki modal doku untuk ke warnet, telah siap bertempur untuk membuat sebuah blog atau website. Masalah pembelajaran atau tutorial dalam pengerjaanya, sudah tersedia MBAH GOOGLE yang sangat sakti dalam melakukan pencarian hal-hal yang kita perlukan. Luar biasa……

Bergerilya diantara beberapa blog, kita telah menemukan bermacam-macam pengetahuan dan dasar-dasar dalam membangun sebuah blog sederhana (bukan tujuan bisnis). Dari membuat Header, mengedit HTML, membuat postingan dan lain-lain, sangat gampang dipelajari, asal kan kita rajin bergerilya didunia internet. Contoh nya saya sendiri, tidak pernah berguru kepada seseorang dalam mengelola blog ini, hanya saja saya selalu rajin surving dan surving diantara beberapa blog, membaca artikel nya dan bahkan meng copy hal-hal yang perlu saya ketahui, demi personalisasi blog saya ini. Saya tidak pernah membayar guru privat dalam mengajari saya membuat blog ini, dan saya yidak pernah bertanya terhadap seseorang dalam mengerjakan proyek (blog)ini. Saya hanya punya modal sederhana yatu: Keinginan yang kuat dalam mengikuti perkembangan dunia tekhnologi terlebih dunia internet. Memang Blog saya ini belum ada apa-apa nya dibandingkan dengan blog-blog para blogger yang lain yang bahkan telah mempu menghasilkan profit dari pengelolaan blog nya, namun saya bersyukur bisa membangun blog pribadi yang sangat sederhana kelihatan nya, namun sangat berarti buat saya.

Perlahan lahan saya juga telah memikirkan cara untuk ekspansi, yaitu mulai memikirkan bagaimana cara meningkatkan traffic, dan juga punya cita-cita seperti kebanyakan orang yaitu menjadikan blog menjadi mesin uang. Dalam hal ini, saya memang masih betul-betul sangat awam, dan tidak tahu harus memulai dari mana, dan bagaimana system nya. Untuk yang satu ini, saya memang mengharapkan sebuah uluran pemikiran, atau masukan-masukan, baik itu berupa inpirasi ataupun tutorial yang bisa mewujudkan impian saya. Kiranya kepada setiap yang membaca ini, dapat memberi masukan,supaya Thema daripada blog ini bisa tercapai, yaitu: CELAKALAH ORANG YANG MEMONOPOLI PENGETAHUAN NYA. Saya harapkan bimbingan para blogger…….

Leave a Reply

