Semakin hari semakin terasa semarak Natal. Dimana-mana umat Kristiani sudah menggunakan atribut-atribut yang berhubungan dengan Hari Kelahiran Yesus sang Juru Selamat Dunia.
Begitu juga di Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Natal Oikumene atau Natal gabungan Greja-Greja yang ada di sekitar Kecamatan Perbaungan, Pada hari Minggu Tanggal 12 Desember 2010 diadakan di Gereja Kota Perbaungan yang di ikuti dengan perlombaan Vocal Solo anak-anak, Lomba paduan suara anak-anak, lomba paduan suara Ibu-ibu, lomba paduan suara Bapak-Bapak, dan lomba Paduan suara Koor Gabungan.
Natal Oikumene kali ini diikuti oleh semua sekte yang ada di Kecamatan Perbaungan, yaitu: HKBP, GKPI, METHODIST, GKPS, GBKP, GPdI, GKPA. Kebaktian Minggu dimulai dari pukul 13.30 dengan Liturgis Gr. M. Purba.
Pada kata sambutannya, Panitia Natal yang diwakili oleh Pdt. B. Rajagukguk mengatakan, Hendaknya semua umat Kristiani di Kecamatan Perbaungan dapat Bersatu Padu dalam membangun dan mengembangkan kerukunana Umat beragama di Kecamatan perbaungan ini.
Acara dimulai dengan mengumandangkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Setelah selesai acara seremoni Kenegaraan, maka acara Kebaktian Minggu Pun dimulai dengan menyanyikan Lagu Kidung Jemaat Nomor 109 ayat 1-2, Hai mari berhimpun, dan bersukaria………dst.
Dalam Kotbahnya, yang menjadi Renungan Natal Oikumene kali ini adalah mengambil thema “BERBUAH KEDEPAN, JIKA TIDAK AKAN DITEBANG” (Lukas 13;9). Dalam Kotbahnya Pdt. S.T.H AMBARITA, STh mennjelaskan: ” Terkadang lebih tinggi derajad hewan dari pada manusia. Cacing, binatang yang paling jorok, hidup didalam tanah, dapat berbuah. Seangkan manusia, yang sudah ditempatkan di suatu tempat yang istimewa, dinaikkan derajadnya, tidak mampu berbuah. Ibarat suatu pohon ara yang ditengah-tengah ladang anggur, jika pohon ara tersebut tidak menghasilkan, maka dia akan segera ditebang.” Di akhir Kotbahnya, Pdt. S.T.H Ambarita ,STh berpesan, ” Kiranya Umat kristen dapat menjaga derajadnya sebagai mahluk yang paling ditinggikan Tuhan Derajad nya”.
Selesai acara Kebaktian minggu, acara BERBAGI KASIH pun dimulai dengan membagikan sedikit sedekah kepada kaum duafa dan yang tidak mampu. Acara ini dibuat sebagai wujud dari rasa kasih dan sayang terhadap sesama umat golongan yang telah jompo, dan kaum yang tidak mampu.
Lomba Vocal solo anak-anak membuka perlombaan kali ini. Kelompok ini adalah kelompok yang paling banyak mengirimkan kontingen nya. Dalam kelompok ini, ada 7 kontingen Gereja yang mengikutinya yaitu:
1. HKBP Kota Perbaungan ( Putra )
2. HKBP Kota (Puri)
3. Methodist (Putri)
4. GKPI (Putri)
5. Methodist ( Putra )
6. GKPS (putra)
7. GKPS (putri)
Sedangkan Pada lomba Paduan suara Anak-anak hanya diikuti oleh tiga kontingen yaitu: HKBP Kota Perbaungan, HKBP Adolina, dan GKPS.
Dan pada lomba paduan suara Muda-mudi hanya diikuti oleh kontingen dari Gereja HKBP Kota Perbaungan.
Lomba Paduan Suara ibu-ibu diikuti oleh kontingen dari GKPI Perbaungan, HKBP Adolina dan GKPS Perbaungan.
Lomba Paduan suara kaum Bapak hanya diiikuti oleh Gereja HKBP Kota Perbaungan
Lomba Paduan suara Gabungan Juga hanya diikutu oleh Gereja HKBP Kota Perbaungan
Sementara itu, GKPA, yang juga turut tampil pada acara tersebut, hanya merupakan partisipan saja, tidak diikutkan dalam penilaian dewan juri, namun mendapat Sambutan yang hangat dan tepuk tangan yang meriah dari para jemaat, karena mereka menyanyikan lagu yang diperlombakan, lengkap dengan terjemahan kedalam bahasa Batak.
Pada pengumuman dewan Juri yang terdiri dari tiga orang yaitu Drs. B. Simanungkalit, L. Br Hutagaol. Spd dan Br Turnip. Spd, menyatakan, setelah menilai para peserta dari kualitas suara, interprestasi dan hal-hal lain nya, maka mereka mengmutuskan:

Juara-Juara dalam Lomba Vocal solo Anak-anak:
1. HKBP Kota Perbaungan ( Putra )
2. Methodist ( Putri )
3. HKBP Kota ( Putri )
4. GKPI ( putri )
5. Methodist ( Putra )
6. GKPS ( putra )
7. GKPS ( Putri )

Juara- juara dalam Paduan suara Anak-anak:
1. GKPS Perbaungan
2. HKBP Adolina
3. HKBP Kota Perbaungan

Juara-juara Paduan suara Kaum Ibu-ibu
1. GKPS Perbaungan
2. HKBP Kota Perbaungan
3. HKBP Adolina Perbaungan
4. GKPI Perbaungan

Juara Lomba Paduan suara Muda-mudi
1. HKBP Kota Perbaungan

Juara Lomba Paduan Suara Kaum Bapak-Bapak
1. HKBP Kota Perbaungan

Juara Lomba Paduan Suara Gabungan
1. HKBP Kota Perbaungan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: