Google tergolong sukses membenamkan sistem operasi Android ke berbagai macam telepon seluler (Ponsel). Tak ada yang menyangkal, kini android menjadi sistem operasi paling diganrungi pengguna ponsel. Belum genap berusia tiga tahun, platform berlogo robot hijau buatan Google ini mampu memacu para produsen ponsel bersaing melempar jutaan priduk baru berbasis android.

Hasilnya luar biasa. Berdasarkan riset Nielsen, seperti dikutip comScore, Android sudah meguasai pansa pasar sistem operasi di Amerika pada Januari 2011. Riset itu mengungkapkan, pasar Android naik dari 27% menjadi 29%, sementara iOS yang menjadi andalan Apple turun dari 28% menjadi 27%. Sedangkan pangsa pasar In Motion (RIM) tetap 27%.

Seiring demam Android, penyebaran software penyusup atau dekenal dengan malicius software (malware) dan virus pada sistem operasi ponsel pintar kian merebak. Fransiskus Reza, Product Spesialist Net Solution Infonet, mengatakan pembuat malware ikut mengambil untun dengan mendompleng ketenaran Android. Kalau dilihat, setiap bulan pasti muncul malware baru yang meyerang sistem operasi ini. Gencarnya serangan virus kepada pengguna android ini menjadi ladang bisnis baru bagi perusahaan penyedia software keamanan artau anti virus.

Salahsatu antu virus yang beredar adalah Driod Antivirus yang dirilis oleh perusahaan software untuk keamanan yakni AVG, Produk ini dikembangkan oleh Droid Security, perusahaan yang telah diakuisisi AVG.

AVG untuk android ini dapat digunakan untuk semua Android, mulai versi 1.5 (Cupcake ), versi 1.6 ( Donut ), versi 2.1 (Eclair), versi 2.2 (Froyo / Frozen Yogurt ), dan versi 2.3 ( Gingerbread ). Versi berbayar bisa dibeli secara online lewat Android Market. Harga Droid Antivirus  US$ 9.99.

Droid Antivirus juga tersedia dalam versi gratis dan  bisa didapatkan disitus resminya. Perbedaan antara Droid Antivirus yang berbayar dengan gratis  adalah dalam fitur memamerkan iklan dan tidak. Selain itu, di Droid Antivirus Pro juga terdapat fitur scanning pesan  pendek atau short message services (SMS) berdasarkan pengiriman. Pengguna ponsel pun terbebas dari SMS yang mengandung tautuan berbahaya artinya pengguna Droid Antivirus  Pro bisa terbebeas dari iklan yang selalu ditampilkan Droid Antivirus gratis.

Salah satu kemampuan yang paling menonjol dari Droid Antivirus adalah teknologi Dalvik Virutal Machine yang memungkinkan solusi antivirus berbasis komputasi awan (cloud computing). Ada juga block spam dan SMS spammer, scanning email. Bahkan kontrol jarak jauh dan pelacakan lokasi ponsel yang hilang  atau dicuri dengan teknologi GPS yang terpasang didalamnya.

    Pengembang asal Rusia Kespersky Lab juga mempunyai produk antivirus untuk ponsel yaitu Kespersky Mobile Security 9. Program ini dirancang untuk melindungi smartphone berbasis Android, Symbian, Windows Mobile dan Blackberry. Antivirus ini memiliki teknologi perlindungan keamanan, berupa menyembunyikan kontak tertentu dan data kontak. Termasuk daftar panggilan masuk, daftar kontak dan SMS. Pengguna juga bisa menyaring panggilan dan sms yang tidak diinginkan. Bagaimana Ponsel Android anda…?

Photobucket

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: