TENUN ANGEL


Administratur Tenun Angel


 Tenun Angel Adalah Satu badan usaha yang bergerak dibidang usaha produksi dan dagang tenun ulos seperti yang telah di ulas di halaman ATBM. . Awalnya hanya produksi ulos mentah saja, yang artinya tidak mem-produksi bahan jadi yang siap pakai, namun hanya mengoper bahan ke penampung saja.
Tapi Karena proses produksinya tidak terlalu rumit, maka Tenun Angel pun mencoba menghasilkan Bahan yang siap pakai layak nya seperti ulos yang kita lihat di acara-acara pesta adat.

     Adapun jenis-jenis ulos yang tersedia adalah:

Ulos Hela. Ulos ini adalah Ulos yang diberikan oleh sang Mertua kepada pengantin Laki-laki pada saat pesta PANGADATION.
Ulos Passamot atau ulos Pucca, Adalah ulos yang diberikan oleh orang tua mempelai wanita kepada Orangtua mempelai Pria Pada acara pesta Pangadation. Dan ulos ini juga terkadang dipergunakan untuk menutup Peti Jenazah pada saat yang bersangkutan Wafat.
Ulos Tulang, adalah Ulos yang diberikan oleh Tulang ( saudara laki-laki dari ibu ) kepada pengantin. Namun jika dalam acara SARIMATUA atau SAOR MATUA, maka ulos dari Tulang disebut Ulos SAPUT yang bernama RAGI IDUP
Ulos Tarutung. Sesuai dengan namanya, Awalnya ulos ini berasal dan diproduksi do Tarutung, yang mutu dan modelnya sangat tinggi, yang membuat harganya juga sangat tinggi. Biasanya orang-orang yang tertentu yang menginginkan ulos ini, seperti pasangan yang akan melangsungkan pernikahan ( untuk dipakai dalam pernikahan nya ) atau orang – orang yang sengaja untuk mengoleksinya.
Ulos Ragi hotang , ulos ini sekarang sudah sangat langka, dikarenakan perubahan suasana dan situasi yang berkembang, sehingga ulos ini sudah mulai ditinggalkan.
Ulos Sadum , adalah ulos Panoropi yang diberikan oleh para Undangan Umum Kepada pengantin yang ikut meramaikan Rombongan kelompok-kelompok tertentu, seperti kelompok Tulang, Kelompok Hula-hula , dan kelompok – kelompok kumpulan marga – marga.

Masih banyak lagi jenis-jenis ulos yang belum tergambarkan disini, yang kesemuanya itu adalah hasil produksi TENUN ANGEL.

Pada awal mula berdirinya Tenun Angel, hanya memiliki satu unit Alat Tenun Bukan Mesin yang di operasikan oleh Administratur Tenun Angel itu sendiri sebagai alat untuk pembelajaran. Setelah menguasainya, maka Administratur pun lagi – lagi mencoba menambah unit nya satu demi satu, dan mempekerjakan beberapa orang sebagai Operator nya, sehingga Tenun angel perlahan lahan mulai bergerak dan dikenali oleh masyarakat disekitarnya, bahkan sampai ke luar daerah.

Ada beberapa pengalaman Tenun Angel yang sangat berkesan, antaralain:

1. Mengikuti peringatan Hari Aksara Internasional ( HAI ) tingkat sumatera utara di Sibolga, yang dihadiri oleh Gubernur Sumut dan Walikota Sibolga Beserta beberapa wakil bupati dari kabupaten-kabupaten yang ada di sumut

Gubsu saat meninjau stand pameran pada Puncak acara HAI

Walikota Sibolga Drs Sahat P Panggabean saat menerima ulos cendera mata

ULos Produksi Tenun Angel Saat dipajangkan Dalan Stand

Gubsu saat menerima Ulos Cendera mata dari Wakil Bupati Sergei didampingi Kadis Pendidikan sergei

Gubsu saat meninjau stand pameran
Administratur Tenun Angel

2. Mengikuti acara lomba Tor – Tor tingkat Kabupaten Serdang Bedagai Yang dihadiri langsung oleh Bupati Sergei Ir. H. T. Erry Nuradi Mba dan Wakil Bupati Ir Soekirman

Bupati Sergei Ir H T Erry Nuradi MBA pada acara lomba Tot-Tor tingkat Kabupaten
Bupati Sergei Beserta Ibu saat meninjau Stand Tenun Angel

Bupati Sergei Saat menyambangi para peserta Tor-Tor

Bupati Sergei saat Bersalaman Dengan Administratur Tenun Angel

Acara ini di dedikasikan untuk para kawula muda, dengan tujuan untuk mempertahankan adat istiadat suku batak toba dalam hal manortor serta cara mamitta ( meminta ) gondang.
Secara umum, kawula muda suku Batak sekarang yang lahir di tanah perantauan sudah tidak mengerti dan memahami Adat istiadat, Budaya serta Bahasa Batak itu sendiri.
Acara ini dimotori oleh organisasi masyaraakat yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai, yang bernama HIMASDAT ( Himpunan Masyarakat Adat ) dari unsur Suku Batak Toba.

RESPONS DARI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN SERDANG BEDAGAI

Semasa Kampanye Pemilu Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai tahun 2009, Tenun Angel adalah salah satu kelompok yang merupakan pendukung Bupati Incumbent pada saat itu, yaitu H.T Erry Nuradi dan Soekirman yang juga mencalonkan diri menjadi kandidat Bupati dan Wakil Bupati untuk periode berikutnya.. Ketika Organisasi HIMASDAT Serdang Bedagai mengadakan acara Lomba Tor-Tor Tingkat Kabupaten Serdang Bedagai pada masa-masa kampanye pilkada, yang juga dihadiri Bupati Incumben H.T. Erry Nuradi dan wakilnya Soekirman beserta para jajarannya terlebih dari dinas Perindustrian dan perdagangan, atas instruksi dari Ketua Tim penggerak PKK, yaitu Ibu H. Evi Diana yang merupakan Istri dari Bupati, Tenun Angel menjadi salah satu sasaran proyek kucuran bantuan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serdang Bedagai. Tatkala Ibu Ketua Tim Penggerak PKK menanyakan kepada Tenun Angel, apakah Tenun Angel pernah mendapatkan bantuan dari dinas-dinas terkait, yang spontan membuat para pejabat di lingkunga Dinas PERINDAG kebakaran jenggot melobi Tenun Angel. Pada saat itu jugalah Kepala Bagian Perindustrian Serdang Bedagai Drs. Setiabudi menganjurkan kepada Tenun Angel untuk datang ke kantor Dinas untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya dalam rencana pembuatan proposal.
Berselang Hampir satu bulan setelah perayaan Acara Lomba Tor-Tor Tingkat Kabupaten tersebut, ( yang di Pimpin Oleh St. S. Siburian. SE ),  Tenun Angel mulai menggodok berkas untuk membuat proposal. Setelah mendapat petunjuk dari St. S. Siburian. SE, Tenun Angel pun menuntaskan proposal tersebut dalam beberapa rangkap, dan salah satunya untuk Dinas PERINDAG.

Satu tahun delapan bulan Tenun Angel menunggu hasil dari Proposal tersebut, akhirnya pada hari ini, 14 Desember 2011, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Segei yang diketuai oleh J. Simanjuntak. S.E ( Ketua yang lama: Drs. Setiabudi sudah mutasi ), akhirnya menanggapi juga, yang pada kesimpulannya, mereka akan mengucurkan bantuan kepada Tenun Angel. Memang sih… Kucuran tersebut tidak seberapa nilainya, namun momen yang sangat Tepat yaitu di akhir tahun 2011, berketapan dengan semaraknya perayaan Natal, dan menjelang Tahun Baru Masehi, membuat moment ini sangat berharga buat Tenun Angel.
Atas rencana kucuran bantuan tersebut, Tenun Angel menghaturkan rasa terimakasih kepada:

  1. Bupati Serdang Bedagai  Ir. H.T. Erry Nuradi MBA
  2. Wakil Bupati Ir. H. Soekirman
  3. Hj. Evi Diana
  4. Pimpinan KSU Bersinar St. S. Siburian. S.E
  5. Kepala Bagian Perindustrian Sergai Drs. Setiabudi ( Pejabat lama )
  6. Kepala Bagian Perindustrian Sergai J. Simanjuntak. SE ( Pejabat baru )
  7. Kepala Kelurahan Batang terap David Hamdani
  8. Kepala Linkungan II Batang Terap Sarbani (Bendol)
  9. Dan semua pihak yang mendukung terlaksananya pembuatan proposal Tenun Angel

Pemerintah mendukung rakyat, Rakyat mendukung pemerintah.Pemerintah akan sukses jika masyarakat merasa aman, sejahtera dan tidak merasa terancam. Jadilah pemerintah yang bijaksana dan memiliki hati nurani yang bersih.

KEJUTAN  LAINNYA DARI KECAMATAN
Sejak berdirinya Tenun Angel di Kecamatan Perbaungan pada tahun 2007, Gaungnya belum pernah menggema kemana-mana. Awal pembentukan ini didasari dari sulitnya tingkat ekonomi keluarga pada saat itu, yang mengakibatkan Ibu Seliwati Hutapea kelimpungan dalam menangani perekonomiannya. Hampir dipastikan, bahwa penghasilan tunggal yang didapatkan oleh Kepala keluarga tidak akan mampu menyukupi segala kebutuhan ekonomi keluarga pada saat itu. Maka, timbullah sebuah pemikiran yang tujuannya untuk membangkitkan ekonomi keluarga.
Saat itu, Nama Tenun Angel tidak pernah bergema, karena  orientasinya masih seputar teman-teman sekitarnya. Namun, semenjak Tenun Angel mengikuti beberapa pameran, sejak saat itulah nama Tenun Angel semakin dikenal orang, hingga ketingkat kabupaten. Sudah beberapa kali pihak Dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengunjungi Tenun Angel di sekretriatnya, yang membuat Tenun Angel sangat dihargai Oleh para tetangga dan Masyarakat sekitar darah domisili Tenun Angel.
Begitu juga pada hari ini, 16 Desember 2011, Ibu istri Camat perbaungan mengunjungi Tenun Angel di Sekretariatnya, yang membuat Administratur Tenun Angel Ibu Seliwati Hutapea sangat terkejut. Tidak pernah menduga, bahwa Ibu istri Camat tersebut memberikan respon yang sangat positif akan keberadaan Tenun Angel di Kecamatannya. Semoga saja apa yang dipikirkan oleh beliau adalah sebuah rencana yang sangat bagus buat  Tenun Angel, sehingga nantinya Antara Tenun Angel dengan pemerintah kecamatan memiliki program tersendiri dalam meningkatkan Penghasilan Ibu-ibu rumah tangga melalui ekonomi mikro kerajinan tangan tradisional.
Semoga………..

Dapatkan Up-date informasi penting seputar Aplikasi, Ponsel, Elektonik, Gadget dan Serba-Serbi lainnya dari blog Ardhy

Masukkan Alamat E-mail Anda

=”” align=”center” direction=”left” height=”50″ scrollamount=”3″ width=”1000%”>
   Terimakasih telah berkunjung di blog Ardhy….Semoga hari anda baik dan besok bisa kembali lagi

var _gaq = _gaq || []; _gaq.push([‘_setAccount’, ‘UA-26199972-1’]); _gaq.push([‘_trackPageview’]); (function() { var ga = document.createElement(‘script’); ga.type = ‘text/javascript’; ga.async = true; ga.src = (‘https:’ == document.location.protocol ? ‘https://ssl’ : ‘http://www’) + ‘.google-analytics.com/ga.js’; var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s); })();

Leave a comment